Kalau boleh ngasi beberapa saran:

1. Kamu lemah dalam pemilihan judul..

Saya tahu permalink di blogspot panjangnya dibatasi, tapi itu tidak seharusnya membuat kamu membuat judul yang panjang, unik, dan lebih menarik..

“Convert Video Dengan Format Factory”

Coba kamu bayangkan, keyword apa kamu harapkan orang lain akan ketik di Google sehingga hasil pencariannya akan merujuk ke situs mu.?? Keyword “Convert Video” .??

Cek di Google apa hasilnya jika kamu mengetik “convert video”, kamu akan menemukan situs2 yang tidak mungkin SEOnya kamu tandingi.. Maka solusinya kamu harus ngalah, pilih judul dengan keyword yang lain, dan berhubung artikel mu berbahasa Indonesia maka carilah kalimat yang jika orang Indonesia ketik maka google tidak akan merujuk ke situs asing..

Contoh judul alternatif:
“Mengubah Format Video dengan Software Format Factory”
“Software Untuk Mengconvert Video Paling Mudah”

Tips:
Masalah permalink di blogspot yang pendek bisa kamu akali dengan mempublikasi judul yang hanya mengandung keyword, tapi nanti diedit judulnya dengan yang kita inginkan..

Contoh:
Keyword yang diinginkan: Convert, Format, Video, Ekstensi
Maka artikel dipublikasi dengan judul awal:
“Convert Format Ekstensi Video”

Nanti setelah dipublikasi, artikelnya diedit baru judulnya diganti dengan judul alternatif yang diinginkan.. Ini cukup penting karena Google juga menilai keyword berdasarkan URL artikel kita..

2. Cobalah buat artikel yang lebih spesifik..

Ada artikel dengan judul:
“Software Belajar Alat Musik”

Selain ada banyak software yang dibahas, ternyata tiap software itu ditunjukan untuk alat musik yang berbeda, padahal jika kamu membayangkan orang mengetik di Google mereka akan lebih memilih untuk mengetik alat musik yang ingin mereka pelajari..

Jika saya ingin belajar piano maka yang saya ketik di Google bukan: “software belajar musik” tapi “bermain piano di komputer”, “belajar piano dengan komputer” atau “software untuk belajar piano”

Dengan membuat artikel yang sepesifik maka pembaca akan lebih merasa terbantu karena tidak harus melihat tulisan yang tidak ingin mereka baca.. Kamu juga akan lebih mudah jika nanti ingin mengembangkan artikel, dan artikel di blog mu juga bisa lebih banyak..

Software untuk belajar drum
Software untuk belajar gitar
Software untuk belajar piano

Udah dapet 3 artikel, bukan 1 aja.. Ga usah takut artikelnya terlalu pendek, artikel yang bagus ga mesti panjang2..

Hal yang sama juga untuk artikel “Membuat Foto Kolase” yang judulnya bisa kamu buat spesifik seperti: “Membuat Foto Kolase Dengan Mudah di Situs Get Loupe”

3. Hilangin beberapa Widget

Beberapa widget rasanya kurang penting, macem translate (ga bakalan ada bule baca artikel mu terus niat banget sampe mentranslate), widget share (yang di atas translate), widget sosial itu baiknya dipasang di bawah artikel, jadi jelas yang dishare atau dilike oleh pembaca adalah artikel mu, sama widget direktori (masih kosong) dan sebaiknya kamu ga usah repot2 nambahin direktori ke situs lain atau tukeran link, ga begitu berguna cuma nambah risiko kena ban Google aja..

4. Lebih aktif di sosial media

Zaman sekarang kita ga bisa cuma ngandelin search engine, tapi juga musti aktif di sosial media, keaktifan situs kita di sosial media juga dipantau sama Google, makin sering artikel dishare Google makin suka

Sayangnya bikin artikel yang menarik di situs sosial media ga gampang, selain artikelnya musti enak dibaca, dibutuhkan, tapi informasinya juga kudu up to date alias masih baru, ga bisa kita aktif di sosial cuma dengan nyebar artikel model begini (yang kamu share sekarang) yang sekalipun perlu, tapi tidak sedang hot dibicarakan..

Sering2lah baca berita terbaru, baca perkembangan teknologi, lalu kupas di blog mu, pasti orang2 akan tertarik ngebacanya, contoh sekarang kita bisa ngasi perintah “Ok Google” di browser chrome, atau bikin artikel opini “Windows 8, masih perlu kah menginstall Antivirus?”

Selain bikin kamu nambah wawasan, artikel yang sifatnya terjemahan dan opini bisa nambah skill kamu dalam menulis..

Ga usah takut salah nulis artikel, kalau ada yang protes biarin itu ditulis di komentar, nanti artikelnya bisa kamu ralat (bilang terimakasih sama pengkritik), dan itu malah bagus karena bisa menciptakan iklim diskusi sama pembaca, dan itu bikin pembaca seneng n ga bosen mampir di blog mu..
________

Dewi @g+

View on Path

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.