Kemana Bantuan Dana Desa? Apakah Masyarakat Menerimanya?

Setiap desa di Kecamatan Tantom Angkola Kab. Tapanuli Selatan seharusnya mendapatkan bantuan Dana Desa dari pemerintah sebesar Rp. 602.194.900,- (Enam ratus dua juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus rupiah) untuk tahun 2016.

Berdasarkan data dari Kementrian Keuangan (Badan yang berhak mengeluarkan dana kas negara), berikut data anggaran belanja untuk masing-masing desa

Dana desa dalam satuan ribu rupiah

Dana desa dalam satuan ribu rupiah
Dana desa dalam satuan ribu rupiah

http://www.djpk.kemenkeu.go.id/web/attachments/article/608/DANADESA2016.pdf

Dan untuk data desa di Kecamatan Tano Tombangan Sendiri mempunyai 16 Desa dan 1 Kelurahan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tapanuli Selatan. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia juga menunjukkan bahwa Kecamatan Tantom Angkola mempunya 16 Desa dan 1 Kelurahan (Sebenarnya Kelurahan ini termasuk baru karena sebagai Ibukota Kecamatan)

Data desa di kecamatan tantom angkola
Data desa di kecamatan tantom angkola

http://tapanuliselatankab.bps.go.id/frontend/linkTabelStatis/view/id/25

88

https://id.wikipedia.org/wiki/Tano_Tombangan_Angkola,_Tapanuli_Selatan

Satu kejanggalan yang saya dapatkan, data dari Kementrian Keuangan menunjukkan bahwa Kab. Tapanuli Selatan mempunyai 211 Desa sedangkan data dari BPS Kab. Tapanuli Selatan menunjukkan data 212 jumlah desa, oh iya sekedar informasi bahwa data dari BPS Kab. Tapsel adalah statistik tahun 2013. Yang menjadi pertanyaan adalah kemana larinya desa bayangan tersebut?

Dengan menggunakan data Kementrian Keuangan, yaitu sebesar 127.063.126 (dalam ribuan rupiah) dan 211 jumlah Desa pada file PDF yang tertera untuk Kabupaten Tapanuli Selatan, seharusnya Desa kelahiranku mendapatkan Dana Desa sebesar Rp. 602.194.909,95 (Enam ratus dua juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus sembilan rupiah sembilan puluh lima sen) seperti rumus perhitungan dibawah ini.

Dana Desa untuk desa kelahiranku
Dana Desa untuk desa kelahiranku

Yang menjadi pertanyaan besar adalah, Apakah setiap Desa benar-benar nyata mendapat dana tersebut pada tahun ini? Apakah Kepala Desa jujur menggunakan Dana Desa tersebut untuk sebesar-besar kepentingan seluruh masyarakat Desa dengan merata, adil dan transparan?

Marilah kita sama-sama mengawal Dana Desa supaya digunakan sebesar-besar kepentingan rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.